AO3 News

Post Header

Published:
2019-11-19 18:50:11 UTC
Original:
Language options when posting and filtering works
Tags:

Tahukah Anda kalau Anda dapat menerbitkan dan membaca karya dalam lebih dari 70 bahasa di Archive of Our Own – AO3 (Arsip Milik Kita)? Ada sekitar 400.000 karya dalam bahasa selain Inggris di AO3 dan banyak karya baru yang yang diterbitkan setiap harinya! Untuk membantu kalian menemukan karya dalam bahasa yang kalian inginkan, kami telah membuat beberapa perubahan kecil pada cara menerbitkan dan mencari karya dalam arsip.

Sebelumnya, opsi "Choose a language (Pilih bahasa)" dalam formulir penerbitan karya secara otomatis disetel ke bahasa Inggris. Karena ini, mudah bagi sebuah sebuah karya non-bahasa Inggris untuk tidak sengaja diterbitkan dengan label bahasa Inggris.

Untuk memperbaiki hal ini, opsi "Choose a language (Pilih bahasa)" kini tidak lagi disetel secara otomatis ke bahasa Inggris. Sekarang, semua orang harus memilih bahasa saat mereka menerbitkan karya baru. Jika Anda lupa, jangan khawatir — kami juga telah menambahkan pesan galat untuk mengingatkan Anda.

Kami juga telah membuat cara menyaring karya berdasarkan bahasa menjadi lebih mudah! Walaupun sudah ada opsi "Language (Bahasa)" dalam formulir pencarian dan penyaringan kami, kadang itu masih tidak cukup — contoh: jika Anda ingin melihat karya dalam bahasa Spanyol atau bahasa Italia.

Pencarian seperti itu dulu hanya mungkin dilakukan jika Anda tahu kode numerik bahasa unik yang digunakan di AO3. Kini, Anda dapat menggunakan kode bahasa standar saat melakukan pencarian menggunakan operator pencarian AO3. Contoh: untuk menemukan karya dengan label "Friendship (Pertemanan)" dalam bahasa Italia atau bahasa Spanyol, masukkan language_id: es OR language_id: it ke baris "Search within results (Cari dalam hasil)" di formulir penyaringan pada halaman hasil pencarian karya berdasarkan label "Friendship". (Kode numerik bahasa yang lama masih tetap bekerja; Anda tidak perlu memperbarui markah buku atau tautan lama Anda.)

Kami harap perubahan ini dapat membuat AO3 sedikit lebih baik untuk semua penggunanya, terlepas dari bahasa apa yang Anda gunakan saat menciptakan dan menikmati karya fan. Seperti biasa, jika Anda menemukan karya dengan label bahasa yang tidak tepat, Anda dapat menghubungi tim Kebijakan dan Pelanggaran kami; mereka akan membantu memperbaiki semua kesalahan label.